Blogger news

Cara Berobat menggunakan jaminan BPJS dari Klink/Puskesmas s.d RSCM




Berobat di Klinik / Puskesmas (Faskes tingkat I)
Untuk berobat menggunakan BPJS, kita tidak bisa langsung ke Rumah sakit. Pertama-tama kita harus periksa terlebih dahulu ke Fasilitas kesehatan tingkat I yaitu Klinik / Puskesmas yang kita pilih pada saat pendaftaran. Persyaratan yang diperlukan untuk berobat di faskes tingkat I yait

1. Fotocopy KTP,
2. Fotocopy Kartu BPJS

Jika kita butuh pemeriksaan lanjutan yang tidak bisa ditangani di Klinik / Puskesmas, kita bisa meminta surat rujukan supaya bisa melanjutkan ke Faskes tingkat II yaitu RSUD / RS swasta yang sudah bekerjasama dengan BPJS.

Berobat di RSUD / RS Umum Swasta (Faskes tingkat II)


1. Saat pertama kali datang ke RSUD yang pertama kali harus anda lakukan adalah mendaftar di loket pendaftaran, sampai anda mendapatkan kartu rumah sakit. 

2. Setelah mendapatkan kartu rumah sakit, anda harus pergi ke loket jaminan KIS atau BPJS, di rumah sakit biasanya loket jaminan KIS dan BPJS terpisah, jadi jangan sampai salah antri. 

3. Di loket jaminan anda harus persiapkan persyaratan berikut:
- kartu rumah sakit
- fotokopi KTP & KK
- fotokopi kartu BPJS / KIS
- fotokopi surat rujukan puskesmas
siapkan dengan 2 rangkap atau lebih, tiap RSUD punya aturan berbeda, bahkan ada yang tidak butuh fotokopian, hanya menunjukkan aslinya saja.

4. Setelah antre di loket jaminan anda akan mendapatkan Surat Jaminan yang disebut Surat Elijibilitas Peserta (SEP), SEP hanya berlaku satu hari, jika besoknya anda harus balik lagi, maka anda harus antre lagi untuk mendapatkan SEP.

5. Langkah berikutnya adalah pergi ke Poli yang anda tuju, serahkan SEP ke perawat dan anda harus menunggu panggilan dokter sesuai nomor antrean.

6. Di ruang dokter anda harus ceritakan kondisi dan keluhan anda, nanti dokter akan mendiagnosa penyakit anda, kemudian akan memberikan resep obat. Mungkin anda butuh pemeriksaan Labolatorium (Lab), jika anda dapat formulir lab pastikan sudah distempel poli.

7. Setelah dari ruang dokter, anda harus balik lagi ke loket jaminan yang pertama tadi untuk legalisasi resep. Di sini anda harus siapkan SEP dan resep yang sudah distempel poli, siapkan 2 rangkap (fotokopi) atau ikuti aturan di RSUD.

8. Setelah resep dilegalisasi, pergilah ke apotek rumah sakit untuk mendapatkan obat, antrelah sampai obatnya didapat dan pulanglah ke rumah anda masing-masing.

9. Jika pengobatan yang anda butuhkan tidak tersedia di RSUD, barulah dokter akan merujuk anda ke Rumah Sakit Umum Pusat Nasional yaitu RSCM (Faskes tingkat III). Pastikan surat rujukan sudah di stempel.


Berobat di RSCM (Faskes Tingkat III)

Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) atau Rumah Sakit Umum Pusat Nasional (RSUPN) adalah rumah sakit terbaik, terlengkap, dan terramai di Indonesia. Karena RSCM adalah rumah sakit rujukan seluruh Indonesia, jadi jangan heran jika anda masuk ke RSCM suasananya sangat ramai seperti di Pasar Tanah Abang. 

Langkah berobat di RSCM tidak jauh berbeda dengan cara berobat di RSUD. Bagaimana cara berobat dengan BPJS / KIS di RSCM?

1. Jika anda baru pertama kali ke RSCM, datanglah ke lobi dan lakukan pendaftaran pasien baru sampai anda mendapatkan Kartu Rumah Sakit.

2. Jika anda pengguna BPJS (eks askes), lakukan pendaftaran di lobi dengan mengambil nomor antrean sampai anda mendapatkan SEP. Jika anda pengguna KIS (eks. KJS, jamkesda), lakukan pendaftaran di UPPJ sampai anda mendaptkan SEP.

3. Untuk mendapatkan SEP, anda harus tunjukkan semua dokumen asli (tidak perlu fotokopi) berikut ini: Kartu Rumah Sakit, KTP, kartu BPJS / KIS, Rujukan Puskesmas dan Rujukan RSUD.

3. SEP yang anda dapat terdiri dari 3 rangkap, warna putih, merah dan kuning. Setelah mendapatkan SEP pergilah ke tukang fotokopi, fotokopi SEP 2 kali untuk keperluan legalisasi resep.

4. Pergilah ke Poli yang anda tuju dan serahkan kartu rumah sakit dan SEP asli yang putih. Silahkan tunggu antrean sampai masuk ke ruang dokter.

5. Di ruang dokter anda akan ceritakan kondisi dan keluhan anda. Dan terakhir dokter akan memberikan resep.

6. Setelah dapat resepnya pergilah ke perawat di depan ruangan dokter, serahkan SEP (yang asli dan fotokopinya) dan resep tadi untuk distempel.

7. Setelah itu pergilah ke tukang fotokopi lagi untuk fotokopi resepnya 2 kali, dan fotokopi KTP anda 1 kali. Untuk legalisasi resep, anda harus punya 3 lembar SEP (1 warna merah & 2 fotokopinya), 3 lembar resep (1 asli, 2 fotokopinya) dan 1 lembar fotokopi KTP. Jika sudah lengkap, untuk pengguna KIS pergilah ke UPPJ lagi untuk legalisasi, dan pengguna BPJS menuju ke apotek lantai 2.

8. Setelah resep terlegalisasi, bagi pengguna KIS pergilah ke apotek lantai 3, bagi pengguna BPJS apoteknya di lantai 2.

9. Mengingat banyaknya pasien di RSCM, antrean obat pun bisa terjadi sangat lama. Jika anda sudah kecapean, anda bisa pesan ke petugas apotek untuk mengambil obatnya besok pagi.


0 Response to "Cara Berobat menggunakan jaminan BPJS dari Klink/Puskesmas s.d RSCM"

Post a Comment