Blogger news

Pengajuan KPR Bank Muamalat - Rumah Murah



Pada posting kali ini saya mau share tentang proses pengajuan KPR melalui Bank muamalat, barang kali bisa membantu untuk yang lagi cari-cari referensi.

Hunting Rumah!!!



Punya rumah adalah impian setiap keluarga, harga rumah makin lama makin melambung tinggi karena memang rumah merupakan kebutuhan pokok. Saya dan istri yang sudah menikah dari pertengahan tahun 2012, baru serius untuk hunting rumah di akhir tahun 2013.
Karena saya bekerja di Kawasa Industri Pulogadung, saya coba cari rumah yang memang jaraknya tidak terlalu juah dan tentunya harganya masuk budget. Waktu itu ada teman yang rekomendasi untuk beli rumah di daerah babelan, katanya bebas banjir dan nyaman.
Percaya sama temen, saya langsung survey bahkan langsung Booking hari itu juga. Sampai akhirnya musim hujan datang di Januari sampai Februari 2014. Babelan kerendem banjir, parah menurut saya yang ga pernah ngalamin banjir kaya gitu. Mungkin biasa buat mereka yang tinggal disana, ga lama mikir saya langsung cancel meskipun harus rela uang panjernya ga balik lagi.
Lokasi perburuan akhrnya bergeser ke arah Bantar Gebang sampai arah setu, daerah sini harga rumah tipe tanah 60 s.d 72 udah lumayan tinggi. Ada rumah Subsidi tapi di jauh dari mana-mana, baru dateng sekali aura nya udah ga enak.

Singkat cerita, pencarian saya sampai ke Perumahan Citra Indah Cileungsi Jonggol, cukup jauh dari tempat kerja saya di kawasan industri Pulogadung Jakarta. Kesan pertama datang kesana lumayan sejuk, aman, tentram sayangnya jauh banget dari tempat kerja.Ya, walaupun jauh yang penting punya rumah dulu deh pikir saya & istri.
Pada saat saya datang kesana, lagi dipasarin tipe rumah sederhana yaitu Cluster Cattleya, sayangnya untuk rumah baru harus nunggu selama 18 sampai Serah terima kunci. Selama nunggu itu pula kita udah mulai nyicil, lumayan nyesek juga sih kalo jadi rumahnya belum jadi, tapi udah nyicil.
Urung membeli rumah baru, saya coba searching di berniaga & tokobagus (yang sekarang OLX). Beberapa rumah yang harganya sesuai budget saya kantongin, dan coba hubungi contact personnya satu persatu. Pada saat weekend, baru saya dan istri survey untuk lihat kondisi rumah. Ada sekitar 4 Rumah yang kami survey, 3 diantaranya kondisi bangunan sudah jauh dari layak huni ditambah rumah sebelah kanan dan kiri juga kosong, Istilahnya cuman jual tanahnya doang. Untungnya ada 1 rumah yang memang pembangunannya belum terlalu lama, baru berumur 2 tahun (belum pernah ditempati) tapi terawat. Kecil sih type 30/72, tapi lumayan lah untuk ditempati keluarga kecil saya.
Akhirnya, saya mulai konfirmasi masalah harga & proses pembayaran dengan penjual. Maklum saya cari yang bisa di proses melalui Bank. Bagusnya si penjual tidak masalah di proses KPR asalkan yang proses saya sebagai pembeli. Dikarenakan saya perlu fotocopy surat-surat rumah, penjual baik hati ini datang langsung ke tempat kerja saya untuk ngasih fotocopy SHGB & IMB untuk persyaratan saya proses KPR.

Pemilihan BANK penjamin KPR
Setelah berdiskusi dengan istri, kami putuskan untuk proses KPR melalui Bank Syari'ah. Ada 2 opsi waktu itu, Bank Mu'amalat atau Bank Syari'ah Mandiri.
Pertama saya datang ke kantor BSM rawamangun, ketemu sama salesnya dan dapet brosur dan rincian angsuran selama 15 tahun, DPnya minimum 20%.
Kemudian saya datang ke Kantor Bank Mu'amalat cabang Matraman, Fyi tidak semua cabang Mu'amalat bisa proses KPR. Angsuran perbulan di Bank mu'amalat sedikit lebih rendah daripada BSM ditambah lagi bisa DP 10% dengan syarat rumah pertama dan luas bangunan maksimum 70M2
Akhirnya kami pilih KPR melalui Bank Mu'amalat.

Proses KPR Bank Muamalat

Siapkan persyaratan yang dibutuhkan

Persyaratan pengajuan KPR adalah sbb:
1. Form Aplikasi KPR
2. Surat Pernyataan BI
3. KTP Suami istri penjual & Pembeli
4. Slip Gaji
5. Surat Nikah Penjual dan Pembeli (Jika sudah menikah)
6. NPWP
7. Surat Penawaran di tandatangani oleh Penjual
8. Rekening Tabungan 6 bulan terakhir
9. Sertifikat Rumah (SHGB/SHM, IMB, PBB Terakhir)

Serahkan permohonan langsung Ke Bank.
Penyerahan dokumen bisa saja dikirim melalui kurir, akan tetapi saya memilih untuk datang dan menyerahkan langsung dokumen kepada sales PIC nya.
Saat itu pula Marketingnya memberikan informasi dan estimasi waktu proses pengajuan.

Persetujuan Pemberian Fasilitas Pembiayaan dari Bank
Setelah menunggu sekitar 2 minggu, Bank menginformasikan via email bahwa pengajuan permohonan KPR saya diterima.
Pada saat persetujuan, Bank juga menginformasikan nominal yang di approve. Setelah saya kalkulasi, Bank hanya menyetujui angsuran maksimal 30% dari Gaji pokok.


Proses di Notaris
Setelah disetujui, bank membuat order untuk kepada notaris untuk pengecekan keabsahan sertifikat ke BPN, Menghitung Pajak & penandatanganan Akta Jual Beli dan sertifikat lainnya.
Proses ini lumayan memakan waktu cukup lama, karena terpotong libur lebaran. Setelah satu bulan, saya ditelpon untuk melaksanakan Akad kredit di tempat Notaris berdasarkan kesepakatan antara Penjual, Bank & Pihak notaris itu sendiri.

Pembayaran Biaya administrasi, Pajak dan biaya notaris
Pembayaran dilakukan melalui akun bank muamalat saya, dipotonglangsung oleh pihak Bank dari saldo rek.

Pencairan Dana
Dana dilakukan setelah akad kredit dan langsung di dropping dari Bank ke akun Bank Muamalat Penjual.

Itulah sekilas kisah saya mengajukan permohonan KPR ke Bank Muamalat, untuk mengajukan KPR kita juga perlu tahu biaya-biaya yang dikeluarkan.

Berikut biaya yang saya keluarkan sampai dengan selesai:
Harga Rumah : Rp 118.000.000
Plafon KPR yang disetujui Bank : Rp 115.000.000

Biaya yang dikeluarkan:
DP dibayarkan kepada penjual : Rp 13.000.000
Biaya Administrasi Bank : Rp 1.200.000
Biaya Asuransi Jiwa & kebakaran : Rp 1.500.000
Biaya Cek Sertifikat : Rp. 200.000
Biaya Penerbitan PBB : Rp. 500.000
Biaya AJB dan Balik Nama : Rp. 5.000.000
Biaya Akta Al Musarokah Mutanaqisoh : Rp. 350.000
Biaya Akta Al Ijarah : Rp. 350.000
Biaya SKMHT : Rp. 250.000
Biaya APHT : Rp. 2.250.000

Untuk lebih mudahnya, Biaya yang akan dikeluarkan untuk proses KPR muamalat ini sebesar 12% dari harga Rumah.

0 Response to "Pengajuan KPR Bank Muamalat - Rumah Murah"

Post a Comment