Blogger news

Perpanjang dan Mutasi Sim dari Bandung ke Bogor, Ngurus Sendiri Gampang...

Bulan April lalu, SIM C saya sudah mau kadaluarsa, karenanya saya cepet2 ngurus supaya ga dag dig dug kalo ketemu pak polisi dijalanan. Awalnya saya buat sim di polres cimahi Bandung, karena pindah domisili ke kota bogor pasca menikah di tahun 2012 otomatis SIM pun harus ngikut pindah alamat.




Iseng-iseng saya mampir ke polres kota bogor di daerah cibinong. Ada 2 opsi supaya bisa dapet sim C dengan kondisi saya yang sudah pindah alamat, yaitu  Mutasidan harus ambil berkas di polres cimahi dan buat baru tanpa harus ambil berkas di polres cimahi. Opsi yang pertama saya lakukan saat itu.

Coba buat SIM Baru tanpa ngambil berkasi dari Bandung, Langkah dan hasilnya sbb:

  • Cek up kesehatan - bayar 25ribu (doc: copy KTP),
  • Membawa hasil cek kesehatan ke bagian pendaftaran,
  • Tes praktek di lapangan dengan membawa map dari bagian pendaftaran, sayangnya ane gagal disini gan. Udah 5 tahun bawa motor di tes kaya gitu doang kagak lulus. "Sakitnya tuh disini..." hehe
  • Saya rencana mau balik lagi untuk nyoba tes pake motor sendiri, karena sebelumnya pake motor pak polisi yang menurut saya kurang nyaman dipake apalagi saya biasanya pakai motor kopling. Tapi dipikir2 lagi cuman buang-buang waktu aja kalo gak lulus.Akhirnya saya putuskan untuk mutasi saja dari Bandung ke Bogor.


Proses Mutasi dari Bandung ke Bogor:
     Untuk antisipasi gagal lagi di tes praktek, saya ambil berkas sim lama di polres cimahi untuk opsi Mutasi sekalian silaturahmi ke ortu di Bandung.

Ambil Berkas 
     Untuk pengambilan berkas, kita di arahkan ke Gedung arsip.Pengambilan berkas harusnya gak pake biaya, dongkolnya saya diminta 50ribu mau2nya aja ngasih ke petugas di bagian arsip.
Sebetulnya kalo ga ada waktu, kita bisa minta tolong saudara untuk ambil berkas dan dikirim via kurir. Lebih simple...

Mutasi/Perpanjangan Sim di kota Bogor

  1. Cek Kesehatan, karena sebelumnya saya sudah pernah cek kesehatan jadi saya pakai hasil yang lama. (Lumayan Irit)
  2. Bawa Berkas mutasi dan hasil cek kesehatan ke loket 1 bagian pendaftaran,
  3. Isi formulir yang diberikan oleh petugas loket 1, setelah diisi serahkan formulir ke loket 2.
  4. Setelah verifikasi data, saya disuruh bayar PNBP sebesar Rp. 75,000 di loket Bank BRI. Lokasi masih satu ruangan dengan samsat.
  5. Serahkan bukti bayar ke loket 3,
  6. Tunggu/Antri untuk di Foto,
  7. Serah Terima SIM.

Dari point 1 s.d 7, prosesnya cukup cepat. Hanya butuh waktu 20 saja. Entah karena lagi sepi mungkin, saya kesana hari sabtu.
So, biaya yang saya keluarkan untuk mutasi sim dari Bandung ke Bogor yaitu Rp. 150.000,-



1 Response to "Perpanjang dan Mutasi Sim dari Bandung ke Bogor, Ngurus Sendiri Gampang..."

  1. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk Drs Tauhid SH Msi No Hp 0853-1144-2258. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..

    ReplyDelete