Blogger news

Mutasi BPKB dari Bandung Barat ke Kota Bogor - Ngurus Sendiri




Udah lama nih ga nulis di blog, oke di postingan kali ini ane mau share bagaimana cara ngurus sendiri mutasi Kendaraan bermotor. Setelah sebelumnya ane juga share pengalaman mutasi SIM dari Kabupaten Bandung ke Kota Bogor.

Berhubung ane pindah alamat dari Bandung Barat ke Bogor, otomatis semua dokumen harus ngikut dimutasikan. Setelah sebelumnya SIM, kali ini STNK motor yang harus di mutasikan. Ane sempet bingung gimana cara ngurusnya, mau pake biro jasa agak repot juga dan pastinya mahal karena beda kota. disisi lain, ane sendiri tinggal di Jakarta Utara. Hadeuuuh...

Finally, ane putusin untuk ngurus sendiri setelah searching pengalaman mutasi di beberapa blog.

Hari pertama, tanggal 30 Agustus 2015
Plat No. kendaraan ane mati tanggal 02 September 2015, ane baru ngurus akhir Agustus. Sedangkan proses mutasi ga bisa selesei cuman sehari doang. Buat agan blogger yang mau ngurus Mutasi BPKB atau perpanjang, lebih baik maksimal sebelum masa berlaku habis.

Dokumen yang perlu disiapkan:
1. BPKB Asli
2. STNK Asli
3. FOtokopi KTP
4. Faktur Penjualan (Jika Balik nama dari orang lain),

- Waktu itu ane langsung masuk dan tanya2 cara prosesnya seperti apa, akhirnya disuruh ke loket mutasi keluar. Petugas langsung ngasih map dan nyuruh ane fotokopi dokumen.
- Setelah fotokopi, langsung ke tempat cek fisik untuk gesek. Setelah selesai kembali lagi ke l oket mutasi keluar.
- Ane disuruh bayar Rp. 200,000 salahnya ane langsung kasih aja, tanpa nanya lebih rinci uang tersebut untuk biaya apa aja.
- Setelah selesai, petugas ngasih NO resi berupa tanda terima, fotokopi stnk, bpkb dan ktp yang sudah di stample.

Hari kedua, Tanggal 26 September 2015
Setelah submit dokumen, ane baru ada waktu lagi untuk ambil berkas.
- Langsung ke loket Mutasi Keluar dengan menunjukan resi / tanda terima,
- Petugas nyuruh ke loket pembayaran untuk bayar denda (karena masa berlaku BPKB sudah lewat),
- Setelah bayar, kembali ke loket Mutasi Keluar. Tunggu beberapa saat, serah terima berkas mutasi.

Disini ane tanya ke petugas, di Bogor harus cek fisik dulu nggak? petugas jawab, tergantung petugasnya disana. Kalo bisa jangan nanya2 biar ga ribet.
Beuuh, pikir ane kemaren disini nanya-nanya salah dong. Ane jadi suudzon tuh duit 200rebu ga masuk ke kas negara....

Setelah selesai proses ambil berkas di Bandung, ane langsung urus mutasi masuk di kota Bogor.
Berbekal pengalaman di Bandung, ane ga banyak nanya. Lansung masuk ke Loket mutasi masuk, berikut prosesnya.

- Disuruh cek fisik, Biaya 10ribu
- Kembali ke loket, pemeriksaan BPKB dan STNK
(disini ada negosiasi dengan petugas, ane disuruh masuk ke ruangan dan langsung disuruh bayar 600 ribu sampai selesai. Pas ane tanya ini biayanya untuk apa aja, petugas cuma bilang buat biaya proses pajak, stnk dll. Ane tanya lagi, bayarnya sekarang atau nanti pas udah kelar, petugasnya agak bingung jawab. Akhirnya dia terus terang nanya "ini mau dibantu atau mau ngurus sendiri". Ane langsung jawab, mau ngurus sendiri aja. Tapi tetep aja si petugas nyari celah supaya dapet bagian, dia minta 150ribu untuk proses cek bpkb & stnk yang sebenernya udah tugas dia. Setelah di nego, akhirnya deal ane bayar 100 ribu dengan terpaksa. Ane disuruh dateng 1 minggu lagi, tinggal bayar pajak, ngambil stnk & buat plat nomor.
- Seminggu kemudian, dateng lagi ke loket mutasi masuk. Dikasih copy STNK untuk bayar pajak.
- Selesai bayar pajak, langsung ke loket pembuatan plat nomor dengan membawa copy stnk warna merah (biaya 5ribu).
- Selesai dah, tinggal tunggu BPKB 3 minggu setelah proses diatas.

Sekian pengalaman ane, semoga bermanfaat.






2 Responses to "Mutasi BPKB dari Bandung Barat ke Kota Bogor - Ngurus Sendiri"

  1. Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil, dan disini daerah tempat saya mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk Drs Tauhid SH Msi No Hp 0853-1144-2258. siapa tau beliau masih bisa membantu anda, Wassalamu Alaikum Wr Wr ..

    ReplyDelete
  2. Maaf Ganggu, sesama umat manusia harus saling membantu
    disini aku ingin memberikan solusi untuk cara mendapatkan
    pundi pundi uang untuk menutupi kebutuhan, ini memang NYATA !!!
    Silahkan bergabung dengan keberuntungan yang melimpah
    di P-O-K-E-R-A-Y-A-M.co dan dapatkan jackpot ratusan juta
    Hanya dengan Minimal Deposit 10 ribu akan menjadi Rumah Mewah
    info keberuntungan lebih lanjut bbm : D8E5205A

    ReplyDelete